Contoh RPP Berkarakter KTSP SD/MI Kelas 4 5 6 Format Words.Docx

Contoh  RPP Berkarakter KTSP SD/MI Kelas 4 5 6 Format Words.Docx

PANDUAN PENGEMBANGAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Contoh Dokumen RPP Berkarakter KTSP SD/MI Kelas 4 5 6 - Contoh Dokumen RPP KTSP ini sangat lengkap dengan Format File Microsoft Words.doc sehingga lebih mudah untuk di edit kembali dan dikembangkan lagi apabila dalam Contoh RPP KTSP SD/MI Kelas 4 5 6 masih banyak kekurangannya. Contoh RPP terdiri dari Mapel Bahasa Indoensia, IPA, IPS, Matematika, PAI, PJOK, SBK, PKn dan Mapel TIK
Contoh Dokumen RPP Berkarakter KTSP SD/MI Kelas 4 5 6

Dalam rangka mengimplementasikan pogram pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus, guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap Kompetensi dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar. 

Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi yang memayungi  Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP-nya. Di dalam RPP secara rinci harus dimuat Tujuan Pembelajaran,Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian

Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mencantumkan identitas
  • Nama sekolah
  • Mata Pelajaran
  • Kelas/Semester
  • Alokasi Waktu
Catatan:
"RPP disusun untuk satu Kompetensi Dasar. Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus yang disusun oleh satuan pendidikan Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar yang bersangkutan, yang dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan. Oleh karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam  satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada karakteristik kompetensi dasarnya."
[Preview File]


 A.Standar Kompetensi
Standar Kompetensi adalah kualifikasi kemampuan peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada mata pelajaran tertentu. Standar kompetensi diambil dari Standar Isi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar). Sebelum menuliskan Standar Kompetensi, penyusun terlebih dahulu mengkaji Standar Isi mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal berikut :
a.    urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau SK dan KD
b.    keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
c.    keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.

B.    Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan minimal yang harus dimiliki peserta didik dalam rangka menguasai SK mata pelajaran tertentu. Kompetensi Dasar dipilih dari yang tercantum dalam Standar Isi. Sebelum menentukan atau memilih Kompetensi Dasar, penyusun terlebih dahulu mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
a.    Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan Kompetensi Dasar
b.    Keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
c.    Keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran

Urain di atas merupakan salah satu contoh Isi secara garis besar tentang Panduan Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) Semua Mapel Untuk SD/MI Kelas 4 sampai 6, Untuk lebih jelasnya Silahkan download File RPP nya di bawah ini :
  • RPP Bahasa Indoensia Kelas 4-6 SD/MI ( Download )
  • RPP Bahasa Inggris Kelas 4-6 SD/MI ( Download )
  • RPP Mapel IPS Kelas 4-6 SD/MI ( Download )
  • RPP Mapel IPA Kelas 4-6 SD/MI ( Download )
  • RPP Mapel PAI Kelas 4-6 SD/MI ( Download )
  • RPP Mapel Matematika Kelas 4-6 SD/MI ( Download )
  • RPP Mapel PKn Kelas 4-6 SD/MI ( Download )
  • RPP Mapel PJOK Kelas 4-6 SD/MI ( Download )
  • RPPMapel SBK Kelas 4-6 SD/MI ( Download )
  • RPP Mapel TIK Kelas 4-6 SD/MI ( Download )
Sumber : Sekolah Kita

Post a Comment for "Contoh RPP Berkarakter KTSP SD/MI Kelas 4 5 6 Format Words.Docx"